Monday, March 19, 2007

Polisi Bunuh Polisi Dibunuh Polisi

Itu emang judul editorial Media Indonesia1 beberapa hari yang lalu..

Jadi keinget sama almarhum mbah kakung2 (bapaknya ibu).

Dulu, waktu mbah kerja di Kantor Penerangan3, itu sekitar tahun 60-an atau 70-an gitu deh.. Pokoknya pas jaman gak enak.. Mbah kakung pernah dituduh nyuri uang negara.. Kalo sekarang istilah ngetopnya tuh : "Korupsi"4.

Akhirnya beliau sempet masuk penjara.. Tapi itu kayaknya masih tahap pemeriksaan. Jadi belum ada bukti yang bilang bahwa emang bener mbah kakung korupsi. Usut punya usut, ternyata mbah kakung dinyatakan gak bersalah. Dan beliau tuh dituduh sama temennya sendiri. Difitnah5...

Gara-gara itu, mbah kakung trus jadi 'ilfil'6 sama polisi. Dugaan saya sih, waktu di penjara mbah pasti sempet 'digamparin'7... Ujung-ujungnya, Mbah kakung bilang ke semua anak-anaknya :

"Pokoknya, anak cucu dan keturunan8 mbah, gak ada yang boleh jadi polisi..."

Hmm.. setuju mbah! Apalagi kalo ngeliat sistemnya yang kayaknya emang udah jelek sejak lamaaa bangeet...

Ah, jadi keinget sama mbah putri di Kebumen9.. Kangeeenn... Kapan ya bisa maen kesana lagi? Lebaran tahun ini udah pasti gak bisa... Bapak sama Ibu udah abis jatah cutinya.. Jadi gak bisa ninggalin kantor lama-lama.. Huu... sebeell...


Keterangan :
1. Salah satu media cetak di Indonesia. Termasuk dalam raksasa bisnis media bertajuk Media Group milik Surya Paloh.

2. Tidak termasuk dalam jenis sayur-sayuran... Tapi, merupakan panggilan untuk kakek dalam bahasa Jawa. Tapi awass yaa.. jangan berani2nya ngajakin saya ngomong pake bahasa jawa... Nanti ayam tetangga pada mati gara-gara saya bengong gak abis-abis.. hehe..

3. Lebih dikenal dengan nama Departemen Penerangan, sebelum akhirnya dibubarkan.

4. Kejahatan yang paling jahat dari yang terjahat diantara sejahat-jahatnya kejahatan di dasar laut yang paling jahat...

5. Katanya lebih kejam daripada pembunuhan..

6. Bahasa G-A-U-L untuk ilang feeling (baca:filing). Maksudnya udah muak, gak pengen ketemu lagi. Contoh kasus : kalo kamu pernah ketauan ngupil di depan umum... Pasti orang-orang jadi banyak yang ilfil sama kamu.

7. Sesuatu yang asik, seperti surga di atas dunia, sekali coba pengen nambah lagi.. Bikin ketagihan. (Apa?! Hari ini kan hari kebalikaann..!!)

8. Urutan lengkapnya adalah anak, incu, buyut, bao, janggawareng, udeg-udeg dan gantung siwur... hehe...

A: plok..plok..plok... hebaaat.. hebaat.. euy... masih keinget sama pelajaran antropologi kelas
3 smu dulu...

B: hehe.. ini diperoleh dengan perjuangan berat..

A: waahh... iya ya, pasti nginget-ngingetnya berat bangeet... hebaaat...

B: hehe.. sebenernya yang berat tuh pas ngoprek2 gudang..

A: ???

B: untung aja buku antropologinya belum dijadiin bungkus cabe.. jadi masih bisa dicontek...

A: plok..plok..plok... buk..bak..buk...plakk.. byuurr...

9. Sebuah kota kecil di selatan jawa tengah.. Suasananya asik banget. Kalo malem, di alun-alun pasti rame, ada yang jualan sate laler.. Kalo pagi, ada yang jual bubur ayam, ennnaaakk banget! (hehe.. apalnya makanan aja nih...) Disini cuma ada 1 toko swalayan yang lumayan gede, namanya Rita... paling asik ke Rita naik sepeda.. atau keliling2 Kebumen naik sepeda.. Saya lahir di kota ini loh... di rumah sakit umum yang letaknya deket rel kereta api... serruuu...

10. Asal-usul, kalo asal jangan usul, kalo usul gak boleh asal.. Hehe.. pasti bingung, yang nomer sepuluh yang mana yaa? Hehe.. emang gak adaaa.... Kennaa Deehh...

(berantakan nih settingnya.. kayaknya saya kena karma gara-gara nulis keterangannya lebih panjang daripada yang diterangin.. hehe.. )

3 comments:

Anonymous said...

wah... bener-bener berantakan emang... ak bacanya aja ampe lari-lari... ngos-ngosan deh bacanya...

Anonymous said...

kemaren kok ga bisa ngomen ya say? heheheh...
aku cuman mo bilang, itu masalah janggawareng, gantung siwur dkk bener2 nyebelin dan ngerusak nilai antropologi-ku deh! =)

Anonymous said...

he kawan,aku seneng baca tulisanmu,aku sedang bete,aku nyari tips gemana cara menghilangkan stress.ternyata setelah mbaca tulisanmu,alhamdulillah,bisa ketawa-ketiwi,meskipun stressnya masih ada.he he.....eh,bapakku juga orang kebumen lho,meskipun aku baru kesana 1 kali setelah aku berusia 13 tahun.pakde&makde ku disana.aku juga kangen pengen kesana lagi...meskipun sekarang aku jauuuuh banget dari Indonesia....salam kenal ya.aku Tini (24 taon) emailku:nfn.kartini@gmail.com