Monday, March 12, 2007

dari Kaos sampe Hidup dan Mati

Saya pernah baca tulisan di belakang kaos seseorang yang bunyinya gini :

Everybody wants to go to heaven,
but nobody wants to die.

A bit silly wasn't it? Saya menganggapnya sebagai sesuatu yang konyol. Semua orang emang pengen pergi ke surga, tapi banyak orang yang gak bener-bener pengen pergi ke surga. Buktinya, mereka masih takut mati. Mau masuk surga kok gak mau mati?

Sekarang gini deh, mereka pikir surga ada dimana? Di atas langit? Lantas mereka bikin eksperimen segala macem biar bisa terbang ke luar angkasa... Sesuatu yang gak mustahil untuk dilakukan di jaman sekarang toh? Apa mereka udah nemuin surga?

Mati itu bukan keharusan. Tapi kebutuhan. Kita butuh mati. Sebagai makhluk hidup, biar hidup jadi lengkap dan bermakna, ya kita butuh mati dong... Siapa sih di dunia ini yang bener-bener pengen hidup kekal abadi? Toh kalaupun ada, nantinya kalaupun benar mereka bisa hidup kekal, setelah beberapa waktu pasti mereka juga mendambakan kematian..

Siapa sih yang gak sedih ngeliat kematian orang-orang yang dicintai satu persatu? Siapa sih yang bisa tahan hidup sendirian, setelah semua orang yang kita kenal udah di dalem kubur semua? Masih ngeyel mau tetep hidup?

Saya yakin, pada satu titik tertentu, semua orang pasti pernah ngerasa pengen mati aja. Biasanya sih pada titik terendah dalam hidup, pas lagi banyak masalah. Saat itu dengan gampangnya kita bisa bilang: "Ah, kalo gini, mendingan saya mati aja lah... Saya udah gak tahan lagi... Ini sudah terlalu berat untuk dihadapi.." Apes banget kalo saat itu juga ada setan lewat. Lebih apes lagi kalo orang itu gak pernah ketempelan iman dan ilmu, jadinya gak pake pertimbangan lagi, langsung hajar aja...

Come on.. Hidup dan mati itu sesuatu yang indah. Sama halnya dengan laki-laki dan perempuan. Sama halnya dengan hitam dan putih. Sama halnya dengan langit dan bumi. Semuanya diciptakan oleh Allah..

Ada temen yang bilang : "Saya salut sama orang yang berani mati, tapi saya lebih salut lagi sama orang yang berani hidup." Menurut dia, hidup itu ternyata lebih sulit untuk dijalani ketimbang mati. Mungkin itu juga yang jadi alasan buat orang-orang apes yang gak sengaja ketemu ama setan lewat itu tadi... hehe... Bedanya, ada orang-orang tertentu yang lebih milih untuk berjuang ketimbang nyerah sama keadaan.

That's it!

Agak bingung ya? Jadinya separo-separo gini... iya memang begitu, di satu sisi kita gak boleh takut mati, tapi juga harus tetep berjuang untuk hidup. Gak usah ngotot pengen mati atau ngotot gak pengen mati. Toh segala sesuatu yang berlebihan kan gak baik..
Yang penting kita punya bekal, ya bekal buat mati juga bekal buat hidup.

Hhh... saya jadi mikir. Saya udah siap belum ya?

1 comment:

Kiky Amel said...

a long road to heaven ;)