Saturday, March 10, 2007

Pengemis Pinggir Jalan

Tadi pagi saya dianter sama Bapak naik mobil. Di lampu merah, muncul 2 pasang pengemis. Tiba-tiba saya nangis... Gak tau kenapa.. Saya ngerasa mereka lebih pantas berada di posisi saya saat itu.. Saya malu. Siapa sih saya ini?

Padahal mereka mungkin jauh lebih sabar, lebih tabah, lebih tahan banting, lebih nrimo.. Lah saya? Diperlakukan gak adil dikit aja, proteess... Sedikit susah aja ngeluh.. Komputer lemot, kesel.. gak sabaran..

Lah mereka? Berpanas-panas di siang hari, mungkin belum makan dari kemarennya, mungkin gatel-gatel gara-gara gak mandi 3 hari, harus nahan malu demi mendapatkan sedikit uang yang paling langsung habis hari itu juga.

Mereka hidup hari demi hari. Mereka dapet uang hari ini untuk hidup hari ini. Kalo mereka gak dapet uang hari ini, mungkin mereka gak bisa hidup hari ini. Mereka gak pernah kepikiran gimana besok.. Yang penting hari ini.. Karena hari ini yang harus mereka hadapi.. Bukan besok yang belum pasti akan datang, bukan juga kemarin yang sudah lewat. Tapi hari ini.

Lah saya?

1 comment:

Muhammad Ilham said...

yah...mo gimana lagi. Kalo ga ada pengemis, pastinya negara ini sdh bukan Indonesia lagi namanya :)

Lagian, pengemis sekarang dah jadi komoditas gitu. Di makassar, omset mereka perhari bisa jutaan loh tig... (tigger maksudnya) hehehe

Salam,
[Muhammad Ilham]