Wednesday, January 03, 2007

A Snap of "Keluhan" tentang Keluhan

Kok cuma a snap?
Iya, soalnya, tulisan ini khusus saya buat untuk Civitas-STAN
Jadi, kalo pengen baca versi lengkapnya maen ke civitas-STAN aja yaw... ni sekalian promosiin civitas nih..
O iya, Civitas itu nama Koran Kampus STAN, kebetulan saya pernah gak sengaja 'kecebur' disana..
hehe.. Anak-anak Bengkel (ini nama markas kita), semuanya hebat, bisa bertahan ditengah gelombang cacian, kecaman, kata-kata miring yang bikin sakit hati, tuduhan-tuduhan subversif (lhoh..apaan sih nih..)
Apapun, aku adalah Makhluk Bengkel!!! Dan akan selamanya begitu!!!

.........

Hanya kadang manusia sering alpa bahwa mereka diciptakan bukan untuk (selalu) mengeluh. Sekali dua kali 'jatuh' dalam keluhan sebenarnya tidak apa-apa. Asal jangan kebablasan lantas mengeluh sepanjang hari, sepanjang waktu. Sering-sering mengeluh tidak baik untuk kesehatan. Muka kusut, badan tidak bersemangat, akhirnya sampai pada tahap 'mandul', kehilangan produktivitas.

Setiap ada masalah, yang paling enak memang mengeluh dulu. Tapi, jangankan mendapat solusi dari permasalahan, kemungkinan yang bisa terjadi adalah munculnya masalah baru. Sering mengeluh bisa menggerogoti rasa kesyukuran kita atas nikmat yang kita rasakan. Dan ketika sadar bahwa selama ini kita sudah kufur nikmat dan tenggelam dalam rentetan keluhan, sudah terlambat. Kita sudah kalah. Kita sudah kehilangan arti sebagai manusia.

..........

No comments: