Thursday, January 11, 2007

Jilbab Saya

Kemaren-kemaren, ada seorang rekan sekelas yang nanya ke saya

"Mbak, kok jilbabnya gede banget sih? Sebenernya aku juga pengen lho, pake jilbab kayak mbak, tapi aku takut dibilang gak modis..."

Si adek ini (sebut saja begitu, soalnya dia manggil saya mbak kan..hehe..) udah pake jilbab (kalo ke toko jilbab, bilang aja pengen liat jilbab model 'remaja', pasti bakal langsung tau model jilbab yang dipake si adek ini. But still, semua orang butuh proses kan?). Saya bingung harus jawab apa (somehow, saya gak mau terdengar seperti menghakimi si adek, dan toh saya juga merasa gak kompeten menjawab pertanyaan itu...), akhirnya paling banter saya senyum semaniiiss-manisnya... Gak lupa berdoa, semoga dilain kesempatan saya bisa menjawab dengan lebih adil dan bijaksana.

Besok-besoknya, si adek ini mulai suka pinjem buku sama saya. Awalnya saya pinjemin novel-novel islam, kebetulan saya punya beberapa. Besok-besoknya lagi, mulai saya pinjemin buku yang nonfiksi (tetep yang islami tentunya) tapi masih termasuk bacaan ringan gitu deh (salah satunya buku yang judulnya "How To Get Married", belakangan saya rada nyesel, soalnya ngerasa memprovokasi si adek buat jadi walimah oriented..hehe..)

Trus pas udah mau liburan kemaren, si adek ngobrol-ngobrol lagi sama saya.

"Mbak liburan kemana mbak? Mudik ya?"

(Senyum dulu) "Enggak, dirumah aja. Adek kemana?"

"Mau ke Bandung sama Mama, mungkin ke tempat Aa' Gym, aku mau nyari arti jilbab yang sebenarnya.."

(Saya terhenyak, sekaligus senang, kaget juga, tapi mostly sih bersyukur...)
Dan saya cuma bisa berdoa. (Sambil senyum..hehe)

Akhirnya keinget sama perjalanan awal saya waktu mau 'berhijrah' dulu. Alhamdulillah, jalan saya dimudahkan Allah. Gak ada hambatan berarti. Dulu, sebelum pake jilbab, saya seneng ngeliat orang yang pake jilbab, rasanya ada yang beda gitu ya...

Keinginan itu semakin bertambah kuat, waktu di kelas 2 SMU. Waktu itu ada seorang temen yang memutuskan untuk mulai mengenakan jilbab, dimana gak ada seorangpun yang menyangka kalo si 'dia' ternyata memiliki niat (dan bahkan mewujudkannya) untuk berjilbab. Saya seperti ditampar, seperti dipukul keras-keras di ulu hati (hiperbolis neehh..hehe). Dan pemikiran yang muncul saat itu juga adalah:

"Kalo dia bisa, kenapa aku enggak?"

Mulai deh, gelisah, rasanya gak tenang, coba-coba pake jilbab punya kakak (kebetulan kakak perempuan saya sudah lebih dahulu berjilbab). Sampe akhirnya, di kelas 3 SMU, saya mantap melangkahkan kaki ke sekolah dengan seragam putih abu-abu panjang dan jilbab rapi berwarna putih.

Subhanallah, hari itu saya ngerasa jadi orang paling cantik sedunia... suer deh... gak bohong! Rasanya gak bisa berhenti senyum. Rasanya saya gak akan pernah bisa cemberut lagi (hehe.. yang ini asli ngibul..). Sampe sekarang juga kalo keinget momen-momen itu, saya jadi suka senyum sendiri (semoga bukan gejala awal penyakit kelainan jiwa..hehe).

Saya sadar, alasan awal saya memakai jilbab memang tidak benar (saya gak berani bilang 'salah', karena kata-kata 'salah' cenderung diartikan sebagai sesuatu yang jelek dan mungkin memang jelek, tapi saya lebih nyaman dengan kata 'tidak benar'). Tapi semakin hari, semakin kesini-sini, saya semakin banyak baca buku, cari ilmu, dan kemudian memperbaiki niat saya berjilbab hanya karena Allah. Lillahi ta'ala. Karena hanya itu yang bikin saya mampu bertahan dengan 'helm' saya sampai sekarang.

Idealnya, seorang muslim harus selalu memperbaiki niat kan, sampai sekarang saya juga masih berusaha selalu melakukannya. Saya gak akan membiarkan 'harta' saya ini, diambil, direnggut paksa secara terang-terangan, ataupun dicuri secara diam-diam. Baik oleh jin, setan, manusia, siapa aja lah...

Ah, senangnya.... Feels like there's nothing can be so wrong again deh... Ketika seseorang sudah merasa nyaman akan diri dan keberadaannya, bahkan seluruh duniapun akan merasa nyaman terhadapnya. Jadi, untuk menjawab pertanyaan si adek di awal cerita ini, saya bisa bilang : "Soalnya, mbak ngerasa nyaman seperti ini..."

2 comments:

Anonymous said...

hehe,,jadi inget pertama pake jilbab dulu,,
ummi,,aq mo bikin postingan ttg ini juga,,blh g ??? blh y?? y? y? y?
Hwhw,,

Anonymous said...

Alhamdulillaah...semoga tetap istiqomah...