Friday, January 04, 2008

Asa Itu Selalu Ada

Percakapan ini saya lakukan via sms tadi malam dengan seorang sahabat saya. Saya biasa memanggilnya dengan nama Nyo. Nyo adalah seorang sahabat saya sewaktu kuliah di STAN dulu. Sekarang Nyo penempatan di instansi BPK, tapi belum tau nanti bakal dikirim ke daerah mana, dan sekarang masih magang di Jakarta.

Saya : “Assalamu’alaikum, Nyo.. Lagi males belajar niey.. Besok ujian komputer
sama manajemen.. Agendamu besok apa aja, Nyo?”

Nyo : “’alaikumsalam. Mie, bantuin aku mikir aja.. Kok ada ya, pembantu yang lebih
kaya dari majikannya? Padahal nih babu kerjanya gak bagus-bagus amat. Yah, si
babu ini suka memanipulasi uang majikannya. Kurang ajar gak sih? Ni babu
dosanya pasti bertumpuk-tumpuk.. Naudzubillah.. Dan aku terperangkap dalam
status babu itu. PNS..”

Saya : “Nyo ngerasa pernah memanipulasi uang yang bukan haknya Nyo gak? Mau jadi
babu atau PNS, dua-duanya harus dijalani dengan jujur. Gak semua babu kayak
gitu.. Sama halnya dengan PNS.. Asal Nyo yakin uang yang Nyo dapet bukan
hasil manipulasi apalagi korupsi, ya jalan terus aja.. Mau kanan-kiri Nyo kipas -
kipas pake uang haram setebel kamus sekalipun, jangan ngiler Nyo.. Biar
gimanapun, angin yang mereka dapet bukan angin surga, tapi hawa neraka..”

Nyo : “Do’ain aku ya, Mie.. Aku hampir keseleo, uang-uang gak jelas berseliweran
dimana-mana. Semoga aku gak jadi ‘babu’ yang kurang ajar sama majikanku..
masyarakat tercinta.. Hidup untuk melayani mereka sampai mereka lebih kaya
dari babunya ini. Suatu saat.. Mereka makan teratur, sekolah, dapet hak
pengobatan dan semua fasilitas manusiawi lainnya, yang pada akhirnya
melahirkan manusia-manusia bermental surga.”

Saya : “Kamu gak sendirian, Nyo. Gak akan pernah sendirian. Di depan, belakang,
kanan dan kirimu, berjejer rapi pasukan yang memperjuangkan cita-cita yang
sama. Nyo, aku, mereka, kita semua, sudah jadi satu. Sebagai ‘prajurit’ yang
berada di dekatmu, aku selalu siap sedia menepuk bahumu, menjewer telingamu,
atau bahkan menendangmu kalo Nyo udah mulai kelewatan! Semangat Nyo!”

Percakapan selesai. Meninggalkan jejak di hati dan pikiran saya. Sebagai penanda, bahwa perjuangan masih terus berlanjut. Asa itu selalu ada…

*habis itu, saya langsung semangat lagi melototin slide powerpoint kuliah manajemen*

8 comments:

Anonymous said...

BrPrinsiplah bahwa ALLAH maha Melihat, Mendengar dan mngetahui segala gerak &isi hati.
Semoga Allah melindungi kalian...
InGAT INGATKeJahatan trjdi bukan hnya ad niat dari pelakunya, tp jg ksempatan. Eh...gman sih scriptny bAng Napi?^_^

pyuriko said...

Semoga Nyo dapat melawan goda2an yang menggiurkan itu.

Anonymous said...

lanjutin qonaahsholihah: maka dari itu.. waspadalah! waspadalah!!!

Emaknya Hikari said...

@apung
lah, nongol juga akhirnya..
kemana aja, bro? :p
blognya belakangan ngilang dari peredaran..

Anonymous said...

@Tigger: hiatus dulu.. abis banyak pikiran.. gak sempet mikirin blog :p

aban rasva said...

Moga Nyo ga terjerumus ke dunia yang demikian...

akhirna mbak Ummi nongol...
kapan pulang??

Emaknya Hikari said...

@aban rasva
mungkin baru bisa pulang lagi lebaran besok..
masih lama banget yak..

Anonymous said...

Wah, kebetulan kita satu instansi...
Mungkin nyo bisa bertanya ke kakak2nya bagaimana triks menghadapi keadaan seperti itu...
Kami akan senantiasa membantu manusia2 yang mau teguh dalam pendiriannya...
Silahkan hub kami di solidaritas anak stanbpk2006 ( http://stanbpk.wordpress.com )
wadah bagi kita untuk merajut masa depan negeri yang terkoyak
bisa juga via blog saya (promosi... Hehe)