Friday, December 21, 2007

Economically Thinking


Punya sim card lebih dari satu? Sama dong… Saya punya 4 sim card.. IM3, 3, Mentari sama Kartu As. Tapi yang lebih sering aktif yang Kartu As. Yang 3 dipake buat keadaan darurat sama buat sms atau nelpon temen yang juga pake 3. Yang IM3 khusus dipake buat ngenet berhubung tarifnya paling murah. Yang Mentari udah lama gak pernah dipake…

(Dasar mahasiswa oportunis!)

Selalu mencari celah untuk mengambil kesempatan. Pertimbangannya ya demi meraih keuntungan dong.. Kata ibu dosen makroekonomi saya, ada 2 prinsip dasar ekonomi. Pertama, dengan jumlah dana tertentu, perolehan hasil harus maksimum. Kedua, dengan perolehan hasil tertentu, jumlah dana harus minimum. Got that right, eh?

Aplikasinya? Ya buat saya, dengan memiliki beberapa sim card sekaligus, paling tidak bisa membuat saya jadi lebih hemat. Apalagi promo 100 sms gratis-nya Kartu As masih ada. Plus sesama 3 bisa sms-an gratis. Dan tarif gprs-nya IM3 yang hanya Rp 1/kb itu… Saya jadi gak perlu buang uang banyak buat pulsa.

Hal ini juga yang bikin saya sedikit terkejut. Lama bergaul dengan temen-temen disini, saya jadi bisa tau berapa rata-rata jumlah uang yang diterima mereka per bulan. Ternyata rata-rata jumlahnya bisa 2 kali lipat dari jumlah uang yang saya terima. Dan mereka bilang uang segitu kadang masih kurang! Beuh, saya geleng-geleng kepala… Padahal uang saya aja masih bisa nyisa loh.. Lumayan kan buat ditabung.. Ini emang saya pinter ngatur keuangan (yang kemudian membuat saya setengah mempertimbangkan berkarir sebagai konsultan keuangan) atau pelit yak? Hehe..

Dari apa yang saya lihat, kesalahan mereka kebanyakan adalah karena tidak ada penentuan prioritas kebutuhan. Buat mereka, semuanya jadi prioritas. Pantaslah kalo generasi kita dicap sebagai generasi konsumtif. Bisanya ngabisin duit orangtua aja.. Dalam ilmu ekonomi, Y=C+S. Untuk mencapai keseimbangan (balance alias tawazun), pendapatan yang diterima seseorang tidak digunakan untuk konsumsi (Consumption) belaka, tapi juga ditabung (Saving). Siapapun yang pernah belajar ekonomi makro pasti tau…

Terus, apa yang terjadi seandainya Y=C? Pernah dengar yang namanya Break Even Point alias BEP kan? Titik impas. Segitu masuk, segitu keluar. Ciri-ciri orang merugi kan seperti itu. Ibaratnya hari ini bikin dosa 5, sama dapet pahala 5, jadi timbangan amalnya gak lebih berat ke sebelah pahala dong.. Dan di Indonesia Raya kita tercinta ini (sebuah frase yang sering sekali diucapkan oleh ibu dosen makro saya, yang nada pengucapannya seringkali bernada skeptis), orang terbiasa berhutang. Jadinya, konsumsi lebih besar dari pendapatan. Saking mengurat-akarnya kebiasaan ini, sampe-sampe para ahli bahasa di Indonesia Raya kita tercinta ini, mengabadikannya dalam sebuah peribahasa yang berbunyi “Besar pasak daripada tiang”.

Geleng-geleng kepala deh… Jadi, solusinyaaa??? Belajar Fiqih Prioritas dulu gih!

*yuukk.. mantaappz*

5 comments:

Anonymous said...

Uang bulannanya dua kali lipat.. ya iyalah.. wong tempat kuliahnya makhluk2 kelas atas..

Saya boro-boro sisa.. gak makan berhari-hari juga sering.. hehe.. prihatin-prihatin..

Ilmu tentnag per-kartu-annya boleh juga dipraktekkan..

pyuriko said...

Waaahhh, gimana dgn isi ulang pulsanya kalo kartunya ada 4 gitu??? BUkan kah itu lebih boros lagi :D....

Pakai satu kartu saja kadang saya masih kebingungan, hehehe....


Salam kenal yaaa Tiger, sudah memberikan ucapan selamat hari Ibu untuk mama tercinta di rumahnya???

Anonymous said...

Dua kali lipat???
saya disini malah ga dapet uang jajan sama sekali...
boro2 jajan...minta duit parkir yang cuma seceng aja dah gerutu sepanjangan...

Anonymous said...

Kartunya 4 brarti hape nya 4? Weleh...*kalo cuman 1 hapenya,kshn bgt tuh hape,hdp segan mati tak mau*

Anonymous said...

Punya kartu m0re than 0ne dulu mah "hobi" saya. Biasa. Kalo tiap ad pr0m0 pasti ganti c0ba. Tp lama2 dbilang malah gk ada pendirian (lebih kacau lagi nanti dbilang pacarnya-10!) pdahal pliz deh pcaran aj kgak! En alasan knp sy brenti pnya bnyk n0mr krn sy jd susah di hubungi ama rekan kerja n atasan. Thtz Y ,i quite!. But n0w, 0nly two(teteup..) which is b0th of them ar CDMA. gk tau deh i dah say goodbye am GSM.