Wednesday, October 15, 2008

Memulai Bisnis Kecil

Sebenernya udah luamaaa banget pengen mulai berbisnis. Dulu, didorong oleh motif membantu seorang teman, saya pernah jualan kue-kue kecil keliling kos-kosan pagi-pagi. Jadi, berangkat dari kos ba’da subuh ke pasar Bintaro naek angkot. Sampe pasar, pilih-pilih kue, waktu itu saya bisa bawa sekitar 3-4 jenis kue, dengan jumlah total sekitar 50 kue. Ituloh, sebangsa risol, kue lapis, pastel dan teman-teman.

Harga beli sekitar 500-600 rupiah, saya agak lupa. Dijual 700/buah, kalo beli 3, bayar 2000 aja. Ini strategi yang cukup bagus, berhubung para pembeli jadi prefer buat beli 3 biji aja.. Trus, jualnya juga pagi-pagi, dimana anak kos baru pada bangun, trus kelaperan, eh, muncullah makhluk cantik berjilbab rapi di depan kos-kosan mereka sambil tersenyum manis, menawarkan kue murah meriah.. Eh, tapi saya cuma berani ke kosan akhwat/putri aja. Kalo ke kosan ikhwan/putra, hyaaaa.. takuutt.. takut ntar ada yang naksir.. heheheh.. *haduh, ni orang narsisnya kebangetan..*

Tapi gak bertahan lama. Capek euy.. Musti bawa kue-kue itu berkeliling komplek. Belum lagi kalo pas saya masuk kuliah pagi. Tapi lumayanlah, dapet pengalaman.

Trus, sebelum jualan kue itu, pernah juga keliling komplek yang sama, jualan buku. Sama temen sih.. Inisialnya Kisti. *eh, itu udah bukan inisial lagi yah.. heheh* Gara-garanya, kan FKMMP lagi ngadain acara tuh *jangan nanya dulu deh FKMMP tu apaan*, nah ada bazar bukunya, yang tanggung jawab pegang duit bazar tu kita bedua. Entah gimana ceritanya, tu duit raib semua.. Hwaduh, kita bedua paniklah.. Salah naruh dimanaaa gitu..

Singkat cerita, buat menebus keteledoran, kita bedua mau jualin buku-buku yang masih tersisa, keliling kos-kosan lagi. Dan gak cuma ke kosan aja sih, ke rumah-rumah warga juga. Dengan harga yang agak dinaikin. Jadilah malem tu, kita keliling sambil bawa dua kardus buku. Lucu banget. Kalo diinget lagi bikin senyum-senyum sendiri.. Apalagi pas kita salah masuk rumah. Kita kirain yang punya rumah tuh muslim, ternyata noni. Padahal buku-buku yang kita jual kan buku Islami gitu.. Hyaaa.. Kaburlah secepatnya dari hadapan si empunya rumah dengan senyum-senyum gak jelas..

Alhamdulillah, hasil jualan malem tu, bisa nutupin uang yang ilang.. Bahkan masih lebih.. Fhiuh.. Lega.. Tapi tepar juga. Tapi seneng. Nambah lagi deh satu pengalaman...

Nah, sekarang ni, saya lagi bisnis jualan pulsa. Gabungan ama temen, anak psikologi ugm 2004. *asli, ni anak otak dagang banget, soalnya selain join di bisnis pulsa bareng saya, dia juga jualan habbat’s* Baru jalan 1,5 bulan. Omzetnya sekitar 15% dari modal awal. Berarti sekitar 10% dari modal per bulannya. Dengan begitu, estimasi modal kita balik sekitar 10 bulan. Lumayan.. Pelanggan setia juga udah banyak.

Kan saya sekarang tinggal di semacam asrama gitu.. *ngng, well, sebenernya lebih ke pondok pesantren mahasiswi*, isinya ada sekitar 40-an orang, sebagian besar anak ugm dari berbagai fakultas, ada anak uny juga, amikom, uin, sttnas, sadhar, stie sbi, ada juga yang udah kerja. Ha, menurut saya ini pasar yang cukup menjanjikan.. Apalagi sebagian besar kan aktivis kampus tu.. Pasti butuh pulsa banyak. Berhubung mereka kalo butuh pulsa tinggal sms saya aja, jadinya mereka lebih prefer beli pulsa sama saya.. Haha.. Senangnya.. Bayarnya bisa ntar pas udah pada balik ke Asma *nama ponpesnya Asma Amanina, kita biasa sebut dengan panggilan Asma aja*.

So guys, *halaah, sok-sokan ni.. mentang-mentang nilai praktikum bahasa inggrisnya dapet A sendiri..*.

Hiiih, reseee.. Sapa sih tuh yang suka memotong pembicaraankuh! *lah.. orang yang aneh*

Intinya, bisnis itu harus dimulai. Jangan cuma diomongin doang. Bilangnya pengen berbisnis, tapi gak mulai-mulai.. Pertamanya emang butuh keberanian. Modal nekat. Kadang takut juga sih, gimana kalo rugi, gimana kalo gak sukses.. Tapi yah, kalo gak dimulaipun, gak bakal bisa untung kan.. Sekarang ni saya bersyukur, soalnya, sebelumnya penghasilan saya 0 rupiah, sekarang sudah lebih dari itu, walaupun gak gede-gede amat. Tapi ini awal mula yang cukup bagus kok..

^ ^

Semangka!!!
*lama gak ngucap kata-kata itu.. jadi kangen sama bengkel nih..*

*kangen sama bengkel apa sama orangnyaaa...*

Hyaaaa... Sapaaa sih tuuuu.. *ambil ancang-ancang ngelempar sendal*

4 comments:

LAPAK NADHILA said...

mau dong diajak bisnisnya.......

Emaknya Hikari said...

@ okebebeh

pegimane ye beh..
ente berani kasi modal berape ni?

heheh...

^ ^

Anonymous said...

wah,anak bengkel Media Center juga nie..??sapa tu orang bengkelnya?

Arief Adi NUgroho said...

masyaAllah...
ana kalah...
kalah telak!!
astaghfirullah...