Thursday, June 28, 2007

Blogging Lewat Handphone



Apakah Anda blogger sejati? Jika ya, atribut ini sesuai untuk Anda. Dengan atribut kronologis, Anda dapat terhubung dengan blog Anda setiap saat melalui ponsel.

Setelah berhasil membuat blog, entah menggunakan Wordpress, Blogspot, Modblog, Blogsome, Xanga, Friendster, ataupun Multiply, kini saatnya menambahkan atribut pada blog Anda. Setiap blogger pasti sudah familiar dengan atribut-atribut tambahan yang sering digunakan dalam sebuah blog. Pada umumnya, atribut tambahan tersebut diletakkan di bagian kiri ataupun kanan blog.

Pada artikel ini, CHIP akan memperkenalkan atribut blog yang belum banyak dikenal pengguna blog, yaitu atribut Kronologis. Kronologis merupakan atribut tambahan yang berisikan kegiatan pemilik blog waktu demi waktu. Uniknya, posting yang dilakukan oleh pemilik blog dilakukan melalui ponsel atau hp. Lalu, secara otomatis, berita yang diposting oleh blogger akan ter-update di blog miliknya, entah di Blogger.com, Wordpress, ataupun dalam blog dengan domain miliknya sendiri.

Berikut ini panduan singkat cara menambahkan atribut Kronologis dalam blog Anda. Pertama, daftarkan nama Anda di website kronologis.com. Website kronologis.com merupakan website yang didesain khusus untuk pengguna ponsel dan PDA. Jadi, jangan heran kalau tampilannya amat sangat sederhana (tanpa gambar) dan tanpa animasi sedikitpun! Untuk bisa sering-sering melakukan posting kronologis, dibutuhkan ponsel yang memiliki feature browsing, seperti OperaMini dan akses internet/GPRS.

1. Membuat Account: Buatlah account di http://kronologis.com . Caranya mudah, kunjungi website kronologis.com lalu pilih menu daftar baru. Anda cukup memasukkan username yang dikehendaki dan password, serta verifikasi password dengan benar.
2. Lakukan Login: Setelah selesai registrasi, lakukan login menggunakan username dan password. Untuk mencoba atribut ini, pilih menu “Posting Kron” lalu tulis kegiatan yang sedang Anda lakukan saat ini. Setelah selesai, tekan “Submit”. Akan ada konfirmasi jika posting Anda telah masuk.
3. Integrasikan posting: Integrasikan isi posting Anda pada kronologis dengan blog Anda. Sebaiknya, gunakan PC untuk melakukan proses kronologis awal. Untuk itu, masuk ke kronologis.com, lalu pada menu “RSS”, klik menu “Script HTML untuk dipasang di website kamu”. Kemudian copy-paste script tersebut ke dalam blog Anda.

(diambil dari majalah CHIP Spesial Blogging)

4 comments:

Anonymous said...

aduuuh.... sayap juga yg perlu kronologis sehari2 ku...
hwehehehhehe...

Muhammad Ilham said...

kalo pake HP yg modelx kayak yg dipake scully di X-Files, bisa konek ga kira2,heheh

salam,
ur bro [Muhammad Ilham]

Emaknya Hikari said...

@sueb
kok sayap? maksduñ sarap y? hehe.. itu bwt jaga2 aj, sapa tw bsk2 kena kasus hukum apaa gtu, trus posting kronologisñ bs jd alibi.. hehe..

@muhammad ilham
lah? muncul jg akhirñ.. kmn aj bro? hapeñ scully y? hmm.. scully hidup di jaman hape masih segede tapal kuda si.. hehe.

Kukuh TW said...

tigger, thanks buat ulasan kronologis.com, sekedar informasi, bagi yang punya account di twitter atau jaiku, sekarang kronologis.com dilengkapi fitur baru yaitu integrasi kronologis.com ke jaiku dan twitter. jadi kalau kamu posting dari twitter atau jaiku, kamu bisa lihat hasilnya juga di kronologis.com. coba degh