Thursday, October 01, 2009

Saya dan Novel Jepang

gara-gara di rumah ndak ada tivi --ngng, ato belum ya?--, saya jadi lebih sering baca-baca buku koleksi suami.. jenisnya macem2, sebagian besar haroki, trus tentang programming, sama novel2 yang hampir semuanya novel jepang.

k'ilo --ini nama panggilan suami saya-- emang gila buku. sebelum nikah, dia bisa habiskan gajinya cuma buat beli buku.. tapi kalo sekarang, gak berani kayaknya.. hehe.. sebenernya koleksi bukunya mungkin sudah sampe 1000-an, tapi sayangnya sekarang tinggal sekitar 500-an.. karena buku2nya banyak yang hilang tertelan banjir di Sinjai, di rumah orangtua k'ilo.



k'ilo memang memiliki 'kecenderungan' tertentu sama negara jepang. sebagian besar ketertarikannya adalah pada sejarahnya. jadilah k'ilo suka sekali beli novel2 jepang. dan kalopun itu novel ada 4 seri, k'ilo ngotot harus beli keempatnya.. kayak Kisah Klan Otori yang ada 4 seri, sama Shike yg juga 4 seri. kebanyakan latarnya memang bercerita tentang jepang tempoe doeloe.. waktu jaman kekaisaran, jaman keshogunan, ketika samurai dan ronin masih berkeliaran dengan pedang..

mau gak mau saya baca juga itu novel2, mulanya hanya biar bisa nyambung aja ngobrol sama k'ilo, tapi lama2 jadi tertarik juga.. :D apa aja yang sudah saya baca ya? kisah 47 ronin, musashi, kisah klan otori, the last concubine, shike.. dan masih banyak yang belum saya baca..

yah, jadi begitulah saudara2, selain memasak dan beres2 rumah, membaca novel jepang menjadi salah satu kegiatan saya di waktu luang.. ^_^x

No comments: